Senin, 08 Januari 2018

Tugas Softskill Pertemuan 4

Perusahaan “GOJEK” Yang Melakukan Analisis Teknologi Sistem Informasi Dengan Penerapan SIE DALAM PERUSAHAAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
GO-JEK merupakan perusahaan berjiwa sosial yang memimpin revolusi industri transportasi Ojek. GO-JEK bekerjasama  dengan para pengendara Ojek berpengalaman di Jakarta, Bandung, Bali & Surabaya dan menjadi solusi utama dalam pengiriman barang, pesan antar makanan, berbelanja dan berpergian di tengah kemacetan.
   Go-Jek Indonesia berdiri pada tahun 2011 oleh Nadiem Makarim. sebagai social enterprenship inovatif untuk mendorong perubahan sektor transportasi informal agar dapat beroperasi secara profesional. Selain itu, Ia mendirikan sebuah perusahaan yang bernama PT Go-Jek Indonesia ini, dan didirikannya perusahaan ini berutujuan menghubungkan ojek dengan penumpang. Ia melihat ojek pangkalan hanya menghabiskan waktu seharian dan belum tentu mendapatkan penumpang
     Manajemen GoJek menerapkan sistem bagi hasil dengan sekitar 1000 pengemudi ojek yang saat ini berada di bawah naungan GoJek dan tersebar di Jabodetabek. Pembagiannya adalah, 80% penghasilan untuk pengemudi ojek dan 20%-nya untuk perusahaan.
     GOJEK perusahaan yang memiliki sebuah slogan yaitu An Ojek For Every Need adalah perusahaan transportasi asal Indonesia yang melayani angkutan manusia dan barang melalui jasa ojek melalui aplikasi yang dengan teknologi location based akan mencarikan driver yang posisinya paling dekat dengan pemesan.
Omset
     Omset atau penghasilan yang di dapat oleh para tukang ojek gojek bisa mencapai Rp 4 juta hingga Rp 6 juta perbulan. Sistemnya adalah bagi hasil, yakni 80% dari total penghasilan masuk kantong pengojek dan 20%  sisanya untuk perusahaan gojek itu sendiri (Kompas.com)
Bidang Usaha
   GO-JEK merupakan bergerak dibidang usaha yang meberikan pelayanan terhadap pelanggan atau pengguna jasa gojek, mulai dari mengantarkan pelanggannya sampai dengan mengntarkan barang baik skala kecil maupun besar, dan juga menyediakan jasa pemesanan makanan, dan masih banyak lagi jasa yang ditawarkan oleh gojek.
Jasa Yang Di Tawarkan
      Gojek menawarkan 8 jasa layanan yang bisa dimanfaatkan oleh pelanggan yaitu
  1. GO-BOX yang merupakan layanan yang baru di launching pada bulan Oktober ini yang melayani untuk memesan mobil pickup, mobil boks, truk engkel dan truk engkel boks untuk antar dan kirim barang dalam jumlah besar.
  2. GO-SEND yang merupakan layanan pengiriman barang layaknya JNE, akan tetapi waktu pengiriman lebih cepat tidak membutuhkan waktu yang lama.
  3. GO-RIDE merupakan layanan gojek untuk mengantarkan konsumen kemana saja sesuai alamat yang dituju.
  4. GO-FOOD adalah salah satu fitur dalam aplikasi GO-JEK. GO-FOOD memberikan pelanggan kemudahan dalam layanan pesan antar makanan.
  5. GO-MART adalah layanan terbaru dari GO-JEK, diciptakan untuk memberikan kemudahan berbelanja dari aplikasi ponsel, dimanapun kita berada, terdapat puluhan toko dengan puluhan ribu produk, sehingga akan lebih praktis dan kemudahan berbelanja.
  6. GO-CLEAN merupakan jasa pelayanan atau bersih-bersih baik itu untuk membersihkan rumah atau kantor atau yang lainnya.
  7. GO-GLAM merupakan jasa layanan salon, yang memberikan kemudahan untuk melakukan perawatan lain
  8. GO-MASSAGE yang merupakan layanan untuk memesan tukang pijat.
  9. GO-BUSWAY merupakan jasa layanan gojek untuk membantu para calon penumpang busway Transjakarta dalam mencari atau melihat halte busway + rute, dan juga solusi para calon penumpang busway dari lokasi dia berada menuju halte yang diinginkan
  • Kelebihan
Beberapa kelebihan Gojek adalah sebagai berikut :
  1. Praktis
      Jelas ojek online lebih praktis karena dapat memesan atau ingin mengantar barang dari rumah serta kantor hanya dengan gadget. Ojek langsung menghampiri sesuai keinginan pemesan.
  1. Tarif murah dan transparan
   Dahulu, seringkali konsumen yang tidak tahu medan ditipu oleh tukang ojek yang memberikan harga lebih. Sekarang dengan adanya aplikasi ojek online untuk masalah tarif bisa lebih murah dan transparan. Semua tarif yang harus dibayar penumpang sudah tertera sejak awal, sehingga tidak ada proses tawar menawar dengan pengendara. Terlebih dengan adanya berbagai promo yang ditawarkan oleh pihak ojek online.
Analisa Teknik Sistem Informasi
Memahami Peranan Teknologi Informasi
      Jaman sekarang ini adalah jaman modern, hampir semua hal bisa dilakukan dari rumah, dari mulai membayar semua tagihan baik berupa tagihan telepon, internet, tv berbayar, listrik, pam dan lain-lain, cukup dengan menggunakan m-banking, dan semua bisa dilakukan dengan cara online. Kita tidak dapat memungkiri pentingnya teknologi informasi dalam kehidupan kita. Teknologi informasi (TI) telah menjadi bagian yang sangat penting dalam setiap rencana bisnis. Hampir dari seluruh perusahaan baik skala besar maupun kecil menggunakan Teknologi Informasi, sebagai salah satu aktifitas yang sangat dibutuhkan untuk memberikan peningkatan terhadap layanan bisnis yang mereka kelola.
      Teknologi informasi memiliki peran yang cukup siginikan bagi perkembangan bisnis saat ini. Percepatan dan akselerasi bisnis dapat terjadi jika perusahaan tersebut focus kepada inti bisnisnya. Teknologi informasi memiliki peran yang cukup siginikan bagi perkembangan bisnis saat ini. Percepatan dan akselerasi bisnis dapat terjadi jika perusahaan tersebut focus kepada inti bisnisnya.
     Teknologi Informasi telah banyak digunakan untuk mendukung proses bisnis yang terjadi pada perusahaan, baik bidang ekonomi maupun perbankan. Dengan hadirnya aplikasi-aplikasi dan layanan e-bussiness, e-commerce, e-banking dan lain-lain. Kebutuhan efisiensi waktu dan biaya menyebabkan setiap pelaku bisnis merasa perlu menerapkan teknologi informasi dalam lingkungan kerja. Penerapan Teknologi Informasi menyebabkan perubahan pada pola kebiasaan kerja. Misalnya penerapan Enterprice Resource Planning (ERP).
       Bisnis informatika itu sendiri adalah pekerjaan yang dilakukan individu atau kelompok untuk mendapatkan keuntungan layaknya sebuah bisnis yang  memanfaatkan teknik informatika, contohnya internet ataupun aplikasi yang ada di handphone. Yang kita ketahui zaman sekarang bisnis informatika berkembang pesat, salah satunya Ibukota Indonesia sedang ‘diserbu’ oleh pasukan hijau yang menciptakan kehebohan di kalangan masyarakat urban. Saat menyusuri jalan, di mana pun Anda berada, akan terlihat satu-dua motor yang penumpangnya mengenakan jaket hijau dengan tulisan Gojek di belakangnya. Kalau si pengendara motor itu sedang membawa penumpang, maka penumpangnya pasti mengenakan helm dengan corak warna dan logo yang sama.
    Melihat perkembangan Gojek memang sangat menarik karena Gojek merupakan startup pioner dibidang ojek online sehingga tampaknya cukup fair jika Gojek dijadikan contoh, harapannya perkembangan Gojek ini dapat menjadi suatu success story yang dapat diambil sebagai lessson learned bagi startup lainnya.
   Dalam dunia bisnis peranan Teknologi Informasi dimanfaatkan untuk perdagangan secara elektronik atau dikenal sebagai E-Commerce (e-dagang) atau perdagangan elektronik. E-Commerce adalah perdagangan menggunakan jaringan komunikasi internet. E-commerce merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dan lain-lain. Selain teknologi jaringan www, e-dagang juga memerlukan teknologi basis data atau pangkalan data (databases), e-surat atau surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-dagang ini.
   Sebagaimana telah dijelaskan di muka, Teknologi Informasi memainkan peranan penting di berbagai sektor kehidupan. Manajemen yang memiliki tugas pencapaian tujuan yang mengedepankan aspek efektivitas dan efisiensi membutuhkan teknologi informasi guna mempersingkat waktu dan meningkatkan kualitas pelayanan.
    Saat ini teknologi informasi sudah memasuki taraf kemajuan yang luar biasa. Penemuan teknologi prosesor komputer yang sudah semakin cepat, semakin tingginya kecepatan Random Access Memory (RAM)  serta ruang harddisk yang semakin luas berdampak pada semakin cepatnya waktu start up dan response popups komputer.
Melihat Aplikasi Rill Penerapan TI
      Sangat menarik memang membahas aplikasi yang satu ini, selain sudah menggunakan media elektronik yang mudah di gunakan oleh end-user atau pengguna akhir, Aplikasi Go-jek sudah berbasis system ANDROID dan IOS. Aplikasi ini di buat oleh PT.GO-JEK Indonesia.
      Perusahaan ini bergerak dibidang jasa transportasi online. Yang mengubah tukang ojek berbalik 360 derajat posisisnya secara ekonomi. Yang dulunya hanya menunggu penumpang/pelanggan, dengan di luncurkan aplikasi go-jek berbasis online maka penumpang atau pelangganlah yang membutuhkan tukang ojek, tahap ini seperti tahap simbiosis mutualisme (saling menguntungkan).
Ketergantungan akan sistem informasi di era modern ini merupakan hal yang masif dirasakan oleh semua kalangan. Pemanfaatan teknologi untuk sistem informasi manajemen pun mulai ramai digunakan oleh perusahaan-perusahaan star up, ini membuktikan bahwa tak hanya perusahaan sekelas multi nasional atau perusahaan yang terbilang besar saja yang menerapkan sistem informasi manajemen ini. Contohnya Go-Jek, perusahaan Go-jek memanfaatkan teknologi smart phone yang berbasis Android atau OS I-phone untuk melayani jasa baik itu antar jemput, pesan makanan, atau jasa pengantaran lainnya agar lebih dekat dan lebih menjaring customer. Kemanapun dan dimanapun sistem informasi  telah banyak dimanfaatkan oleh organisasi atau perusahaan dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan atau konsumen seperti halnya Go-jek. Sistem informasi ini terhubung kedalam jaringan besar yaitu internet sehingga memudahkan baik itu dari pihak perusahaan maupun pelanggan atau konsumen. Dengan adanya internet juga perusahaan terbantu dalam memperluas jangkauannya, jika kita memasang aplikasi Go-jek maka akan bertebaran aramada-armadanya di peta dapat dikatakan seperti GPS. Era modern ini posisi teknologi komputer dipandang penting sebagai alat untuk otomasisasi proses sehingga menjadi faktor essensial dalam menetapkan strategi bisnis. menggabungkan sistem informasi manajemen berbasis komputer dengan strategi bisnis merupakan langkah berlian untuk mendapatkan keunggulan kompetitif dari pesaing. Bisnis Go-jek ini dipandang kurang bersahabat dengan lingkungan sekitarnya, seperti ojek pangkalan yang merasa tersaingi dengan munculnya ojek yang berbasis teknologi. Tak hanya berhenti disitu, banyak bermunculan usaha-usaha sejenis yang memanfaatkan teknologi untuk menjaring konsumen seperti Grab Bike dan Blu-Jek. Karena peluang disektor bisnis ini terbilang masih luas sehingga banyak pemain baru yang bermunculan untuk meramaikan sektor jasa pengantaran ini.
    Cara kerja sistem informasi dalam Ojek Online seperti taksi Blue Bird dimana perusahaan dapat memantau dan melacak armadanya dengan pemanfaatan teknologi GPS. Apabila ada pelanggan atau konsumen yang hendak memakai jasa dari perusahaan tersebut maka pihak perusahaan akan melihat terlebih dahulu dimana armada yang jaraknya lebih dekat dengan pelanggan atau konsumen.
Analisanya, Perusahaan Go-Jek akan menghitung berapa jumlah pengunduh aplikasi Go-Jek, dan pengguna layanan Go-Jek. System penerapan aplikasi Go-Jek pada perusahaan Go-Jek menggunakan system Android dan IOS bagi penggunanya.
Kinerja Perusahaan Go-Jek
Cara Menggunakan Go-Jek Untuk Pertama Kali
  • Cari aplikasi Go-Jek di Play Store perangkat Android atau App Store iPhone. Kalau sudah ketemu, pilih opsi Install untuk men-download dan meng-install aplikasi Go-Jek ke dalam perangkat.
  • Setelah itu, teman-teman harus mendaftar untuk dapat menggunakan layanan Go-Jek. Hal ini dapat dilakukan dengan membuka aplikasi Go-Jek kemudian memilih logo “Setting” yang ada di kanan atas layar.
  • Kemudian pilih opsi “SIGN UP”.
  • Lalu isilah data-data yang diperlukan. Kalau sudah, silahkan pilih logo “Submit” yang terletak di atas tulisan “SIGN UP”.
  • Setelah itu akan ada SMS berisikan verification code yang dikirimkan ke nomor handphone kita sesuai dengan nomor handphone yang di cantumkan pada waktu mendaftar tadi
  • Masukan verification code tersebut seperti gambar di bawah dan pilih logo “Submit” yang terletak di atas tulisan “SIGN UP”. Pendaftaran selesai.
Jadi, setelah mendownload aplikasi Go-Jek  dan mengaktivasi akun kalian dapat menggunakannya dengan cara memesannya. Anda tingggal mencantumkan dimana driver akan menjemput anda dan mencantumkan kemana lokasi tujuan anda. Lokasi akan ditampilkan melalui peta atau maps dimana anda sedang dalam perjalanan menuju lokasi. Setelah itu aka nada proses pembayaran menggunakan tunai. Driver akan mendapat uang tunai dari anda dan mendapat saldo yang masuk ketabungannya.
Kesimpulan 
Perusahaan Go-Jek akan menghitung berapa jumlah pengunduh aplikasi Go-Jek, dan pengguna layanan Go-Jek. System penerapan aplikasi Go-Jek pada perusahaan Go-Jek menggunakan system Android dan IOS bagi penggunanya.
Sumber :
https://dedyhardius.wordpress.com/2017/01/24/analisa-penerapan-sie-dalam-perusahaan-sistem-informasi-manajemen-dalam-studi-kasus-gojek/ 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar