Selasa, 01 November 2016

Teknologi Sistem Cerdas Tugas 2

    1. Carilah teknologi kecerdasan buatan Perusahaan/Pemerintahan pada bidang :
ü  Pendidikan

Sistem pembelajaran elektronik atau e-pembelajaran (Inggris: Electronic learning disingkat E-learning) dapat didefinisikan sebagai sebuah bentuk teknologi informasi yang diterapkan di bidang pendidikan berupa website yang dapat diakses di mana saja. E-learning merupakan dasar dan konsekuensi logis dari perkembangan teknologi informasidan komunikasi. Dengan e-learning, peserta ajar (learner atau murid) tidak perlu duduk dengan manis di ruang kelas untuk menyimak setiap ucapan dari seorang guru secara langsung. E-learning juga dapat mempersingkat jadwal target waktu pembelajaran, dan tentu saja menghemat biaya yang harus dikeluarkan oleh sebuah program studi atau program pendidikan.
2  2. Visi & Misi Perusahaan/Pemerintahan.
  Disini saya mengambil contoh dari Universitas Gunadarma.
ü  Visi
Pada tahun 2017 Universitas Gunadarma menjadi perguruan tinggi swasta terkemuka yang bereputasi internasional, memiliki jejaring global, dan memberikan kontribusi signifikan bagi peningkatan daya saing bangsa
ü  Misi
1.       Menyelenggarakan pendidikan tinggi berbasis teknologi informasi dan komunikasi yang berkualitas dalam rangka meningkatkan daya saing bangsa.
2.      Menciptakan suasana akademik yang mendukung terselenggaranya kegiatan penelitian yang bertaraf International dan bermanfaat bagi kesejahteraan umat manusia.
3.      Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat sebagai pengejawantahan tanggung jawab sosia institusi.
4.      Menyelenggarakan kerjasama dengan pelbagai institusi, baik di dalam maupun di luar negeri,
5.      Mengembangkan organisasi institusi dalam rangka merespon pelbagai perubahan yang terjadi.
   3.   Teknologi yang digunakan
ü  UG In Your Hand Yang berupa telepon Seluler (handphone) yang dibagikan kepada mahasiswanya, didalam handphone tersebut sudah terinstall sebuah aplikasi resmi dari universitas gunadarma yang dapat kita gunakan untuk melihat jadwal kuliah, melihat daftar absen, melihat nilai, dll. Handphone UG In Your Hand ini dibagikan secara gratis dari pihak Universitas kepada  mahasiswanya pada saat di tingkat pertama, yang setiap tahunnya selalu berganti mengikuti perkembangan teknologi yang sudah semakin maju dan berkembang pesat.
ü   Layanan BAAK. BAAK adalah loket yang menangani kegiatan belajar mengajar dalam bidang akademik maupun dalam administrasi. Loket   BAAK ini hanya terdapat di Depok saja yaitu kampus D
ü   V-class v-class ini adalah situs yang disana berisi tugas – tugas dari dosen yang mengajar. V-class ini hanya dapat digunakan oleh dosen, yang nantinya apabila dosen yang bersangkutan berhalangan hadir dalam tatap muka di kelas, maka dosen tersebut bisa menggunakan v-class dengan memposting tugas atau soal, lalu para mahasiswa bias mengakses v-class dan mengerjakan tugas yang telah diberikan oleh dosen yang bersangkutan
ü   Elektronik Book
     Eletronik book dalam universitas gunadarma ini sangat membantu dalam proses belajar mengajar, di ebook terdapat buku   – buku yang sebagian besar dipakai sebagai acuan dosen dalam memberikan materi, jadi mahasiswa pun bias tau materi apa yang akan dibelikan oleh dosennya dengan cara membuka situs ebook dan mendownloadnya. Di ebook tersebut   tersedia buku dari semua mata kuliah dan dari semua tingkatan yang pastinya diterbitkan oleh Universitass Gunadarma sendiri dan pengarangnya pun adalah dosen dari Universitas Gunadarma juga.
ü  Bapsi
Bapsi adalah salah satu situs yang berkaitan dengan teknologi informasi di Universitas Gunadarma bail itu tentang perencanaan atau pengembangan. Situsnya adalah http://bapsi.gunadarma.ac.id
   4.    Produk yang di hasilkan
ü  Pada tahun 2000.
Peluncuran situs staffsite dengan alamat http://staffsite.gunadarma.ac.id. Staffsite ini hanya dimiliki oleh para dosen saja, yang fungsinya untuk mendownload materi materi dari dosen, selain itu staffsite juga berisi tentang data diri dari dosen tersebut.
ü  Pada tahun 2003
Peluncuran career center di alamat http://career.gunadarma.ac.id yang digunakan untuk pengolahan data alumni yang termassuk di dalam Universitas Gunadarma.
ü  Pada tahun 2007.
Universitas Gunadarma meluncurkan studentsite yang beralamatkan http://studentsite.gunadarm.ac.id dengan kapasitas virtual locker setiap mahasiswa sebesar 100 mb. Didalam studentsite kita bisa mengetahui acara yang dilangsungkan resmi dari universitas gunadarma contohnya kegiatan seminar dan lomba, selain itu kita juga bisa melihat hasil nilai selama satu semester di studentsite, dan masih banyak lagi layanan menu yang ada di studentsite.
ü  Pada tahun 2007.
Universitas Gunadarma menyediakan falisitas Internet Lounge yang berada di kampus D, E dan J. Internet lounge adalah sebuah ruangan yang didalamnya terdapat banyak computer yang disa digunakan oleh semua mahasiswa Universitas Gunadarma untuk mengakses internet secara gratis.

Sumber :
http://www.gunadarma.ac.id/id/pages/id-visi.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar